Analisa Iklan Radio

Penulis : Dede Iskandar

[13 maret 2019] Saya melakukan penganalisaan Iklan media radio, Apa nama stasiun radionnya?, Apa nama program radionya?, Iklan di program radio tersebut, dan berapa jumlah iklan dalam satu segment acara radio di siarkan?.

Analisa saya tertuju pada sebuah acara di radio FM yang sudah sangat terkenal sejak era tahun 90an. Bens Radio, siapa yang tidak kenal dengan nama radio yang satu ini? Radio FM yang di dirikan seniman betawi Alm Benyamin Sueb ini sekarang memiliki sebuah acara yang bernama BETAWI (bebas ketawa ketiwi).




Disiarkan mulai dari jam 4 sore sampai jam 8 malam, bertujuan untuk menemani para penduduk ibukota dikala penatnya kemacetan jakarta di sore hari jelang pulang kerja warga.

BETAWI hadir untuk menghibur dan membagi informasi kepada pendengar. Mulai dari berita yang sedang hangat di bicarakan, informasi seputar jalan dan berkirim salam, bahkan pendengar bisa ikutan memberi komentar bersama penyiar dengan mengirim pesan WatsApp kepada nomer yang di sebutkan.



Penganalisaan saya di mulai pada jam 5 sore, saya mendengar, merekam, serta mencatat. Berapa jumlah iklan yang di siarkan dan iklan apa saja yang di siarkan. Iklan yang pertama kali saya dengarkan adalah iklan salah satu perusahaan penyedia pinjaman. Ada yang menarik dari iklan tersebut, iklan yang berdurasi kurang lebih 1 menit ini dibawakan dengan nyanyian dan backsound yang menarik. Memperdengarkan tentang jumlah pinjaman dan untuk fungsi apa saja pinjaman tersebut bisa di dapatkan, serta banefit-banefit lainnya yang menjadi keungulan perusahaan tersebut.

Lainnya ada iklan dari beberapa peusahaan makanan, snaks, iklan corporate lembaga dan beberapa iklan event yang di adakan oleh Bens Radio. Jumlah iklan yang ada di penyiaran BETAWI relatif adalah 3-5 iklan persegmentnya, di putar setelah musik diperdengarkan kepada pendengar.

Sekian Analisa Iklan media radio dari saya, semoga ilmunya bermanfaat. Seeyou next di tulisan blog selanjutnya :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UN Swissindo Yang Menggemparkan

Museum Fatahilla