Analisa Iklan Media Cetak


Penulis : Dede Iskandar


       Di artikel kali ini saya akan menganalisa anatomi serta SWOT iklan media cetak. Iklan yang akan saya analisis adalah iklan dari market produk “Galleria”, yang di publikasikan di koran Kompas terbitan Kamis, 6 Desember 2018.

ANATOMI

Anatomi iklan yang akan saya amati antaralain
1.       Headline
2.       Visual
3.       Bodycopy
4.       Produck shot
5.       Baseline
6.       Flash
7.       Logo



1. Headline
Headline dari iklan market product tersebut adalah "Boom Sale", yang berarti iklan tersebut menjadikan kata "Boom Sale" Sebagai titik perhatian terbesar dalam iklan.

2. Visual
Visual dari barang yang mereka jual, menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk yang mereka jual.

3. Bodycopy
Body copy dari produk di atas adalah nama barang serta harga dan potongan harga, dari produk-produk yang mendapatkan diskon.

4. Produck shot
Produck shot dari iklan di atas adalah nama brand produk yang di tawarkan.

5. Baseline
Baseline terdapat di bagian paling bawah iklan yaitu Alamat dan website market produk Galeria.

6. Flash
Flash dari iklan diatas menginformasikan adanya diskon sampai 90% dengan priode yang tertera.

7. Logo
Logo yang di letakan di bagian pojok paling bawah adalah logo dari market produk Galeria.

SWOT

1.       Strengths (kekuatan)
Kekuatan dari iklan market produk “Galleria” adalah merek produk yang mereka jual. Merek ternama yang sudah memiliki kualitas terpercaya, mampu memikat pembeli untuk membeli barang yang mereka jual. Ditambah diskon yang mereka iklankan dapat menambah angka penjualan produk.

2.       Weaknessses (kelemahan)
Kelemahan market produk “Galleria”  adalah para calon pembeli yang belum mengetahui kualitas produk yang mereka jual.

3.       Opportunities (peluang)
Banyaknya pembangunan lahan untuk penduduk, serta meningkatnya bisnis properti di indoneisa adalah peluang terbesar market produk “Galleria” untuk menjual produk yang mereka miliki.

4.       Threats (ancaman)
Salah satu ancaman market produk “Galleria”, adalah adanya produk dari kompetitor asing maupun dalam negeri yang juga menjual produk dengan merek dan kualitas yang sama.


       Sekian analisa anatomi dan SWOT dari iklan dan produk “Galleria”.Isi artikel ini tidak bertujuan untuk promosi atau kritik untuk salah merek,produk,atau toko yang bersangkutan. Artikel ini bertujuan untuk tugas mata kuliah Perencanaan Strategi Kreatif Iklan, mahasiswa PLJ kampus Depok. terimakasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UN Swissindo Yang Menggemparkan

Museum Fatahilla