Analisa Iklan Media Cetak
Penulis : Dede Iskandar
Di artikel kali ini saya akan menganalisa anatomi serta SWOT iklan media cetak. Iklan yang akan saya analisis adalah iklan dari market produk “Galleria”, yang di publikasikan di koran Kompas terbitan Kamis, 6 Desember 2018.
ANATOMI
Anatomi iklan yang akan saya amati
antaralain
1. Headline
2. Visual
3. Bodycopy
4. Produck
shot
5. Baseline
6. Flash
7. Logo
1. Headline
Headline dari iklan market product tersebut adalah "Boom Sale", yang berarti iklan tersebut menjadikan kata "Boom Sale" Sebagai titik perhatian terbesar dalam iklan.
2. Visual
Visual dari barang yang mereka jual, menambah daya tarik konsumen untuk membeli produk yang mereka jual.
3. Bodycopy
Body copy dari produk di atas adalah nama barang serta harga dan potongan harga, dari produk-produk yang mendapatkan diskon.
4. Produck shot
Produck shot dari iklan di atas adalah nama brand produk yang di tawarkan.
5. Baseline
Baseline terdapat di bagian paling bawah iklan yaitu Alamat dan website market produk Galeria.
6. Flash
Flash dari iklan diatas menginformasikan adanya diskon sampai 90% dengan priode yang tertera.
7. Logo
Logo yang di letakan di bagian pojok paling bawah adalah logo dari market produk Galeria.
SWOT
1. Strengths
(kekuatan)
Kekuatan dari iklan market produk “Galleria” adalah merek produk yang mereka jual. Merek ternama yang
sudah memiliki kualitas terpercaya, mampu memikat pembeli untuk membeli barang
yang mereka jual. Ditambah diskon yang mereka iklankan dapat menambah angka penjualan
produk.
2. Weaknessses
(kelemahan)
Kelemahan market produk “Galleria” adalah para calon
pembeli yang belum mengetahui kualitas produk yang mereka jual.
3. Opportunities
(peluang)
Banyaknya pembangunan lahan untuk
penduduk, serta meningkatnya bisnis properti di indoneisa adalah peluang
terbesar market produk “Galleria” untuk menjual
produk yang mereka miliki.
4. Threats
(ancaman)
Salah satu ancaman market produk “Galleria”, adalah adanya produk dari kompetitor asing
maupun dalam negeri yang juga menjual produk dengan merek dan kualitas yang
sama.
Sekian analisa anatomi dan SWOT dari
iklan dan produk “Galleria”.Isi artikel
ini tidak bertujuan untuk promosi atau kritik untuk salah merek,produk,atau toko
yang bersangkutan. Artikel ini bertujuan untuk tugas mata kuliah Perencanaan Strategi
Kreatif Iklan, mahasiswa PLJ kampus Depok. terimakasih
Komentar
Posting Komentar