Jawaban UAS2 Dede Iskandar MKV 101


Nama : Dede Iskandar
Prodi/Kelas : HUMAS/18-MKV
No Ujian : 008/18-MKV/UAS2/2019
Mata Kuliah : Perencanaan Strategi Kreatif Iklan
Nama Dosen : Kusmayanti, S.E., M.M.
Tipe Soal : B

Jawaban

1. Strenght/Kekuatan :
Merupakan hal-hal yang dapat menjadi kekuatan, yang dimiliki oleh POLITEKNIK LP3I JAKARTA.
Termasuk di dalamnya tenaga kerja, mahasiswa dan mahasiswi, pelayanan, fasilitas dan sebagainya. Kekuatan ini dapat dieksploitasi untuk meminimumkan ancaman ataupun menghilangkan dampak yang diakibatkan oleh ancaman lingkungan POLITEKNIK LP3I JAKARTA. kekuatan terletak pada :
•    Penempatan kerja bagi Mahasiswa
•    Pengajar/Dosen  yang ahli dan kompeten di bidangnya
•    Infrastruktur dan Fasilitas yang memadai bagi para Mahasiswa/i
•    Lokasi Kampus berada di beberapa lokasi di JADECITABEK
•    Program biasiswa yang sangat bermanfaat bagi sebagian mahasiswa
Weakness /Kelemahan :
Merupakan segala sesuatu yang menjadi kelemahan atau kendala-kendala yang menyebabkan Politeknik sulit untuk berkembang atau meningkatkan segalanya yang ada pada kampus PLJ. Kelemahan ini dapat pula menjadi variabel yang sama dengan kekuatan yang dimiliki Oleh POLITEKNIK LP3I JAKARTA. Dan berikut hasil analisis Kelemahan yang ada di POLITEKNIK LP3I JAKARTA:
•   Ragu dengan program penempatan kerja bagi Mahasiswa
•    Biaya yang sedikit lebih mahal dari politeknik suasta lainnya
•    Kurangnya minat calon MABA untuk mengambil studi D3, karena lebih banyak dari merekayang ingin langsung mengambil study S1
•    Belum mengenal baiknya sistem pendidikan yang ada di PLJ
•    Gedung kampus yang tidak sebesar politeknik/universitas lainnya, memberikan kesan PLJ hanya politeknik kecil.
•    Tempat parkir yang tidak bisa menampung banyak Mobil
Opportunity/Peluang :
Peluang merupakan kesempatan bagi PLJ untuk berkembang. Peluang yang ada tersedia di lingkungan perusahaan dan umumnya tidak bisa disediakan oleh universitas/politehnik lainnya. Peluang dari POLITEKNIK LP3I JAKARTA. adalah :
•    Menjadi POLITEKNIK TERBAIK satu satunya di Lamongan dengan dukungan Mahasiswa atau Mahasiswi yang terus meningkat.
•    Dengan dana dari mahasiswa yang terus meningkat dapat memperbaiki dan menambah layanan serta fasilitas yang ada saat ini.
•    Lokasi yang berada di beberapa tempat di JADECITABEK Memberi peluang besar dalam perkembangan PLJ baik dalam jangka pendek ataupun panjang sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk perkembangan PLJ.
Threat/Ancaman
Ancaman adalah suatu situasi yang dapat mengurangi kemampuan atau PLJ untuk melindungi dan memperbaiki kedudukan kompetitipnya dalam pasar. Ancaman termasuk ke dalam variable yang juga tidak dapat diciptakan oleh pihak kampus. Selain itu ancaman inipun tidak dapat pula dihilangkan, namun dapat diperkecil intensitasnya untuk muncul. Faktor – faktor ancaman POLITEKNIK LP3I JAKARTA adalah :
•    Bertambahnya Persaingan Lembaga pendidikan yang menerapkan program penempatan kerja
•    Bertambahnya persaingan dalam Program studi karena bertambahnya Kampus yang ada di Jakarta dan sekitarnya
•    Terjadinya persaingan KUALITAS, FASILITAS dan persaingan Biaya ADMINISTRASI antar kampus
•    Menurunnya jumlah Mahasiswa karena banyaknya saingan dan pilihan bagi mahasiswa dalam menentukan kampus yang dipilih.


  
2.   Analisa STRATEGI KREATIF dan EKSEKUSI KREATIF


STRATEGI KREATIF : Si pengiklan menyampaikan pesan yang menarik dengan menunjukan ekspetasi para penikmat burger yang sering terpengaruh dengan display iklan yang menipu. Karena tidak sesuai dengan burger yang di dapatkan saat di beli.

EKSEKUSI KREATIF : Eksekusinya menarik, membandingkan 3 burger dengan kondisi yang berbeda. Menunjukan jika siproduk memiliki kelebihan dari burger yang lain, yang tidak sesuai dengan ekspetasi pembeli. Dipertegas dengan kata-kata. Tetapi tampilan burger di iklan tidak terlalu menarik, membandingkan tampilan tapi tidak menggugah selera calon pembeli untuk membeli burger tersebut. Desain burger terlalu simple penempatan burger dan warna dasar desain juga kurang menarik.




STRATEGI KREATIF : Strategi yang sangat kreatif, berbeda dengan strategi penempatan iklan yang biasa di gunakan oleh pengiklan. Menggunakan benda pakai sebagai media luar ruangan, bangku adalah benda yang sangat baik fungsinya bisa ada di mana saja. Sangat kreatif jika memamfaatkan bangku sebagai media pengiklanan.

EKSEKUSI KREATIF : Eksekusinya juga sangat menarik, simple dan jelas. Tanpa menempatkan flash atau headline ini sudah menyampaikan iklan produk dengan baik. Bentuk produk secara keseluruhan desain dapat menarik perhatian calon konsumen. Yang pastinya bangku adalah benda pakai yang banyak di gunakan di mana saja dan oleh siapa saja.

3.      Judul : POLITEKNIK LP3I JAKARTA Tepat dan cepat kerja
Durasi : 30 Detik
Media : Radio

Sfx : Bel berbunyi
Fvo : Yeayy akhirnya UNBK selesai..
Mvo : iya nih alhamdulillah
Fvo : btw lulus lanjut kuliah dimana lu?
Mvo : hah? Secepat itu? Sanatai aja kali baru juga selesai UNBK
Fvo : Masa depan itu harus di pikirin dari sekarang
Mvo : emng lu udah ke pikirn mau kuliah dimana?
Fvo : udah dong.. gua mau kuliah di LP3i
Mvo : Kenapa di situ?
Fvo + sfx :Lp3i itu tepat dan cepat kerja.. sistem pendidikannya juga asik 70% Praktek
30% teori.. kita ki didik buat siap di dunua kerja
sfx : backsound Lp3i musik




4.       Cetak Poster



Instagram


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UN Swissindo Yang Menggemparkan

Museum Fatahilla